Resep Sambal Bakasang Khas Manado

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 4.50 out of 5)

Resep Sambal Bakasang Khas Manado

Loading...Loading...
23 Aug 2017 - by Yoana Gultom - 0 - In Resep Indonesia
Resep Sambal Bakasang Khas Manado
Resep Sambal Bakasang Khas Manado

Resep Sambal Bakasang Khas Manado

Balik lagi bahas masakan manado, disamping dengan menu-menu kuliner khas yang beraneka rasa ternyata manado juga memiliki sambal yang khas loh. Usut punya usut sambal ini dibuat berbahan ikan cakalang. nah loh, sambal berbahan ikan!?. Okelah, resep yang akan kita bahas kali ini adalah Resep Sambal Bakasang Khas Manado. Kalo kita biasanya sambal bakasang yang kita jumpai di restoran manado sekitar kita itu ternyata tergolong kurang terjamin keasliannya. Pas saya cerita-cerita dengan teman saya yang asli Manado, temen saya bilang ternyata sambal Bakasang yang asli itu pembuatannya bisa berhari-hari loh. Penasaran saya cari tau dan sekarang mau saya share ke kalian Cookers.
Oke biar gak penasaran langsung aja kita mulai pembuatannya yaa, let’s CoOk!

Bahan-bahan:

  • 300 gr Ikan Cakalang. Kalo ada telur nya malah lebih bagus.
  • Garam Dapur secukupnya
  • 3 lembar Daun jeruk
  • 3 lembar Daun Sereh
  • Air kelapa tua

Waah, sangat sederhana bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambalnya yaa. Itu baru bahan-bahannya, belum pembuatannya. Oke, let’s CoOk!

Cara Membuat Sambal Bakasang Khas Manado

  • Bersihkan ikan cakalang, buang usus, empedu dll. Kalo ada telurnya malah lebih enak dibuat sambal ini. Setelah bersih, haluskan ikan dengan di ulek-ulek.
  • Untuk wadahnya kita menggunakan botol bekas. Jadi siapkan botol bekas, lalu masukkan ikan yang sudah di haluskan kedalam botol, dan tambahkan juga garam secukupnya kedalam botol. Tutup botol lalu aduk-aduk hingga rata.
  • Bagian paling penting. Jemur botol 3-4 hari lamanya tergantung panasnya cuaca yaa. 2-3 kali sehari di goyang-goyang botolnya supaya bahan-bahan lebih cepat tercampur. Jangan sesekali dibuka tutup botolnya, kalo gak nanti kamu bisa cium bau busuk karna ikan belum benar-benar hancur.
  • Setelah dirasa ikan sudah hancur sambal sudah bisa dinikmati sih. Tapi untuk lebih enak lagi, kita siapkan wadah, masukkan air kelapa tua, daun jeruk dan daun sereh. Aduk-aduk hingga rata. Lalu saring ambil airnya saja. Kemudian campurkan air kelapa dengan sambal, aduk-aduk kembali.
  • Sambal siap disajikan dan disantap.

Cukup memakan waktu proses pembuatannya yaa. Tapi saya yakin semuanya terbayar dengan kelezatan sambelnya. Oia, ternyata sambal ini gak cuma buat temenin makan nasi aja. Kalo di Manado makan pisang goreng juga enaknya pake sambal ini. Makin bingung kan CoOkers. Silahkan dicoba dan nilai sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *