Resep Kue Pohul-Pohul

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)

Resep Kue Pohul-Pohul

Loading...Loading...
23 Oct 2015 - by Mona Rouli - 0 - In Resep Indonesia Sumatera
Resep Kue Pohul-Pohul
Resep Kue Pohul-Pohul

Resep Kue Pohul-Pohul

Resep yang akan kita bahas kali ini adalah makanan tradisional khas Batak Toba Tapanuli. Makanan ini sangat populer di sumatera utara dan sekitarnya. Kalo di wilayah jawa ada kue putu. Sekilas mirip dengan kue putuh rasa dan bahan dasarnya. Hanya membedakan bentuknya saja. Kalo kue Putu dicetak dengan bambu, kalo pohul-pohul dicetak dengan genggaman tangan. Untuk masalah rasa camilan khas Tapanuli ini tidak kalah dengan kue Putu atau camilan lainnya yang sejenis.

Wikipedia, Kue Pohul-Pohul atau Itak Pohulpohul adalah makanan ringan khas tradisional Batak yang berasal dari Tapanuli.
Pohulpohul sering menjadi buah tangan bagi pihak keluarga yang datang berkunjung dalam rangka pembicaraan adat, misalnya, membicarakan rencana perkawinan putra dan putri kedua belah pihak.

Tentu saja pohulpohul ini hanya oleh-oleh pendamping belaka dari oleh-oleh utama, yakni berupa makanan ‘berat’ yakni ikan mas.

Pohulpohul yang bentuknya mengikuti siluet kepalan tangan, yakni bekas jari-jari yang membentuk pohulpohul tersebut sehingga tepung beras sebagai bahan utamanya menjadi padat dan saling mengisi, merupakan perlambang dari bagaimana pembicaraan adat di antara kedua belah pihak (paranak dan parboru) berlangsung. Dalam proses yang diwarnai oleh dialog dan negosiasi tersebut, adakalanya terjadi saling lempar perkataan yang menusuk atau menyinggung perasaan. Namun seperti pada pohulpohul di mana tepung saling mengisi dan saling memadatkan diri, kiranya diharapkan demikianlah perkataan-perkataan yang bersiliweran dalam pembicaraan adat, saling mengisi dan saling memadatkan dengan tiada lain tujuannya adalah untuk menyempurnakan hajatan adat yg sedang dipersiapkan.

Resep yang akan kita bahas kali ini adalah Resep Kue Pohul-Pohul. Tepung beras yang di kukus di padukan dengan gula merah dan bumbu lainnya memberikan rasa yang manis lekat pada lidah anda. Untuk pembuatannya tergolong cepat dan mudah. Yuk kita langsung aja mulai membuatnya. Nah berhubung kue ini dicetak dengan genggaman tangan anda, jadi pastikan tangan anda benar-benar bersih sebelum mencetak.

Bahan-bahan:

  • 350 gr tepung beras
  • 150 gr tepung ketan
  • 125 gr gula merah, sisir halus
  • 1 sdm gula pasir (sesuaikan manisnya)
  • ½ sdt vanili bubuk
  • 1 sdt garam
  • 3 lembar daun pandan
  • Air matang secukupnya untuk adonan

Setelah semua bahan-bahan telah tersedia, kita bisa memulai ke tahap pengolahan kue pohul-pohulnya.

Cara Membuat Pohul-Pohul

  • Siapkan baskom, Masukkan tepung beras, tepung ketan, gula pasir, vanili bubuk dan garam. Aduk-aduk hingga semua bahan-bahan rata.
  • Tambahkan sedikit air pada adonan, aduk-aduk hingga rata. (Untuk mempermudah saat membuat kepalan, ambil adonan lalu beri gula merah lalu kepal-kepal hingga padat).
  • Pohul-pohul cetak
    Pohul-pohul cetak
  • Siapkan kukusan, letakkan daun pandan di dasar kukusan, lalu beri pohul-pohul diatasnya. Masak kurang lebih 2 menit lamanya.
  • Pohul-pohul Dikukus
    Pohul-pohul Dikukus
  • Matikan api, sajikan dan santap selagi hangat.

Kue Pohul-Pohul Siap disantap untuk sekeluarga. Anda bisa menambahkan teh manis hangat sebagai pelengkapnya. Camilan ini juga cocok sekali sebagai menu sarapan pagi kita, karena kandungan gizinya cukup untuk mengisi tenaga kita untuk beraktifitas. Berikut sekedar referensi resep camilan dan Masakan Batak lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *